Berlari Sekuat Tenaga ; Salah Satu Kunci Menjadi Pengusaha Sukses

“You don’t stop running because you get old, you get old because you stop running.”Christopher McDougall.

Berlari. Dok : Dribble.

Ada anekdot, jika mau menjadi pebisnis sukses sebaiknya kita harus rajin berlari ketimbang mengambil gelar  MBA.  Pengusaha sukses Stephen Greer , Steve Jobs dkk  membuktikan bahwa  tanpa gelar MBA mereka bisa menjadi pengusaha sukses. (pengusaha  ya bukan karyawan teladan). Mereka lebih membutuhkan kesehatan badan, keteguhan mental dan keberanian.

Berlari memberikan dampak positif  bagi kesehatan. Survey pada 2015menunjukan berlari akan meningkatkan fungsi hati, kapasitas arobik, metabolisme, keseimbangan dan berat badan. Berlari juga membuat Forrest Gump menemukan banyak pengalaman seru dalam hidupnya.

Survey yang melibatkan 2,6 juta partisipan dengan umur 56,6 tahun (rata-rata range usia 20 sampai 93 tahun) dari AS, China, Eropa Barat dan Jepang dari 2007 hingga 2013 menunjukan lima dari 18 orang   mengaku berlari mengurangi risiko penyakit yang bisa menyebabkan kematian dini.

Tapi tunggu dulu, tak hanya persoalan kesehatan.

Haruki Murakami penulis novel yang mantan pebisnis kafe ini menerangkan manfaat berlari bagi kegiatan profesionalnya. Berlari membuat  badan semakin prima dalam menghasilkan karya.

Dengan kekuatan tubuh yang prima dia berhasil menghasilkan karya sastra yang cukup produktif sepanjang karirnya. Penjualan novelnya seperti Norwegian Wood (1989), The Wind-Up Bird Chronicle (1997), Kafka on the Shore (2005), Sputnik Sweetheart (2001) cukup bagus dan memiliki karakter tersendiri.

(Jadi bisa dikatakan Harumi Murakami adalah pebisnis karya fiksi yang cukup sukses setelah banting stir dari pebisnis kafe)

Via When I Talk About When I Talk About Running (2007) , Murakami menjelaskan perjalanan berlarinya sebagai aktivitas untuk  membentuk pribadi yang kuat.

Melawan Ego

Menurut dia, berlari efektif untuk melawan ego dalam diri.  Berlari, seperti memanjat gunung, memiliki target yang mesti dicapai dan didaki secara bertahap.

“Berlari seperti latihan yang menguntungkan. Setiap kali berlari aku sebenarnya sedang meningkatkan standar pribadi dengan baik,” kata Murakami.

Berlari bagi Murakami juga aktivitas untuk melawan kesepian dalam hidup sekaligus mengasah stamina menulisnya  selama 20 tahun  terakhir.

Semakin  bugar badannya maka konsentrasi menulisnya semakin baik.  Selain itu, dia juga berusaha mengurangi  merokok. Sebelum menjadi ‘gila’ berlari dalam sehari dia bisa merokok enam puluh batang rokok.

“Jika berniat hidup panjang sebagai penulis aku harus mencari cara untuk mempertahankan kebugaran tubuh dan menjaga berat badan ideal,” kata dia.

Melawan Rasa Malas

Berlari tak butuh lawan atau kawan.  Kamu hanya butuh sepatu lari dan jalur yang asik. Pada prinsipnya, lari sangat efektif dalam mengurangi berat badan ketimbang olahraga lainnya.

“Kita bisa berlari kapan saja berbeda dengan olahraga tennis. Kalau mau main tennis kita harus pergi ke lapangan tenis dan harus ada teman bermain,” jelas Murakami.

Berlari setiap hari adalah tantangan bagi pelari, terutama untuk melawan rasa malas. Rasa malas itu yang harus dilawan agar pelari bisa berlari dengan konsisten.

“Ketika berhenti berlari karena sibuk anda tak akan pernah kembali berlari,” kata dia.

Murakami pun melakukan lomba lari secara bertahap. Sebelum mengikuti lomba lari berkelas internasional di New york dia awalnya mengikuti lomba lari berjarak 5 km pada 1983.

Kemudian ditahun yang sama, dia melanjutkan ke level yang lebih tinggi lagi ke 15 km dengan mengelilingi Danau Yamanaka dilanjutkan ke  Istana tokyo dengan jarak 35 km.

Salah satu kunci sukses dia melakukan itu adalah untuk melawan rasa bosan yang menjadi musuh bagi pelari jarak jauh.

Setiap orang memilki asalan untuk  berlari atau pensiun dari olahraga itu. Sebagai novelis yang pekerjaanya dihabiskan dengan duduk di belakang meja, hidup fleksible tanpa jam kerja, berlari menjadi salah satu cara mensyukuri hidup.

Berlari setiap hari lebih asik ketimbang  naik kereta berdesak-desakan buat mencari sesuap nasi seperti para buruh kantoran pada umumnya.

Melatih Fokus

Berlari juga melatih fokus. Dalam perlombaan maraton lupakan dulu  bir dan kehangatan sauna. Nikmati  matahari yang terik dan angin yang berdesir serta otot yang kencang. Fokus  pada gerakan kaki ke depan sampai garis finish terlewati. Lampaui batas dan terus mengayuh.

Sebagai penulis berlari berarti menunda kekalahan dalam hidup seperti fisik yang menua, tubuh yang semakin renta serta berkurangnya vitalitas. Semua hal yang bisa mengurangi kreativitas.

“Aku ingin menunda selama mungkin vitalitasku dikalahkam oleh racun itulah tujuanku sebagai penulis.” Ujar Murakami.

Dan Pebisnis Lainnya……………..(karena cerita dari murakami sudah cukup).

Michael Quinn presiden dari Yellow Bridge Interactive mengaku berlari mengajarkan dia untuk berbisnis dengan baik.  Berlari membutuhkan kedisiplinan dan kerja kerjas. Berlari merupakan suatu hal yang tak bisa dipalsukan dengan apapun.

“Kamu tak bisa memalsukan capaian 26,2 miles jika sedang berlari,” jelas Michael yang  sedang tak menyindir kelakuan hacker yang memalsukan jangkauan berlari gamers dalam permainan Pokemon Go untuk mencari  Pikachu.

Berlari maraton bagus untuk mengatasi tantangan dalam bisnis. Berlari jarak jauh akan membantunya untuk berusaha  menembus batas dalam diri.

Tahan Banting

Seth Goldman, Co Founder dari Honest Tea menjelaskan  berlari membuatnya menjadi pebisnis yang kuat. Salah satu alasanya adalah berlari memberikan energi lebih kepada pebisnis. Antusiasme dan passion ketika berlari akan menimbulkan semangat baru. Energi ini yang membuat bisnisnya bertahan sampai sekarang.

Dia mengaku pada lima tahun pertama, Honest Tea tak memakai dana  cash untuk insentif kepada karyawan. Dia berusaha meyakinkan karyawan itu dengan ide bahwa apa yang dilakukanya berdampak luas ke masyarakat. Beruntungnya para karyawanya cukup idealis juga.

Berlari juga bisa melepaskan kadar stress secara perlahan. Sebelum membalas email, Seth biasa berlari dulu untuk menenangkan pikiran dan membaca kembali draft email secara hati-hati. Tanpa ketenangan emosi Seth bisa membalas surat dengan sembarangan.

Menyelami Proses Menuju Sukses

Berlari jarak jauh juga mengajarkan cara  bahwa tak ada jalan pintas untuk sukses. Cara untuk menyelesaikan target dalam berlari jarak jauh adalah dengan tetap fokus, persiapan yang matang dan disiplin.

Keberuntungan yang dialami para pebisnis tak akan ada artinya jika tak mempersiapkan diri dengan baik dalam perlombaan lari.

Taneshia Jackson Warner CEO dari EGAMI Group sebuah perusahaan agensi yang memenangkan berbagai penghargaan, mengaku bahwa berlari membantu dirinya tetap fokus dalam mencapai tujuan.

Dia mengatakan ini karena berdasarkan data dari Bureau of Labor Statistic bahwa hanya 30 persen bisnis yang bertahan selama 10 tahun.  Dari tahun pertama sampai kelima tingkat ketahanan bisnis bervariasi dari 80 hingga 50 persen.  Daya tahan adalah kunci sukses dalam bisnis.

Berlari  mendorong dia  untuk tetap bertahan dalam bisnis.  Karena  berlari butuh  kerja keras, kesadaran dan kesediaan untuk tak menyerah sampai  lintasan akhir dalam perlombaan lari. Lari aja terus sampe garis finish.

Jadi apakah kamu mau berlari seperti gambar dibawah ini ?

 

 

Kesimpulan

Semangat dalam berlari sebenarnya bisa diterapkan dalam bisnis atau kegiatan apapun. Selama kita fokus pada tujuan apapun yang menjadi penghalang akan teratasi. Intinya adalah kita tetap melangkah meskipun perlahan daripada berlari cepat kemudian berhenti dan tak berlari lagi (dan memilih santai dirumah dengan cemilan burger).

Murakami mengajarkan betapa perlunya sebuah konsistensi dalam sebuah profesi yang dilakukan melalui pengorbanan. Pengorbanan yang diimbangi dengan kesediaan untuk mencapai puncak.

Oh iya ini ada beberapa  perlengkapan yang cocok untuk menemani kegiatan berlari Anda. Diantaranya adalah :

  • Smart Watch.
  • Running Shirt.
  • Running Skirt.
  • Handuk Putih.
  • Sebotol Orange Juice.
  • Tas fitness.

Sharing is caring!

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *