Kinerja Produsen Bir Mulai Terdampak Covid-19

Emiten pembuat bir diprediksi akan terdampak wabah virus korona (covid-19) yang  merusak hampir semua perusahaan. Beberapa  perusahaan seperti PT Multi Bintang Indonesia Tbk dan PT Delta Djakarta Tbk sudah mengalami itu.

Perusahaan PT Delta Djakarta Tbk, misalnya memperkirakan akan adanya penurunan laba bersih pada kuartal I-2020.

Perusahaan meyakini bahwa hal ini karena adanya pembatasan operasional karena dampak PSSB yang diberlakukan di berbagai daerah.

Delta memperkirakan pendapatan bisa turun 75 persen pada kuartal I 2020 dibandingkan pada periode yang sama pada tahun sebelumnya.  Laba bersih juga diperkirakan bisa turun sebesar 51 hingga 75 persen pada periode yang sama.

Sejauh ini Delta belum memaparkan kinerja pada kuartal I 2020. Namun gambaran diatas bisa jadi perkiraan mengenai dampak yang dialami produsen bir yang sahamnya juga dimiliki Pemprov DKI Jakarta tersebut.

Multi Bintang

Nah, saham selanjutnya yang terkena adalah PT Multi Bintang Indonesia Tbk  yang sudah melaporkan menurunya kinerja pada kuartal I 2020.

Pada awal tahun ini laba bersih perusahaan pembuat bir bintang itu anjlok dari Rp 239 miliar ke level Rp139 miliar pada kuartal I 2020. Kinerja kurang oke ini lahir dari pendapatan yang mencapai Rp627 miliar alias anjlok dari capaian periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp761 miliar.

Nah jika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terus berlanjut akankah kinerja saham sektor ini akan terus menurun ?

Biar waktu yang membuktikan.

Image : Dribble

 

Sharing is caring!

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *