Pada awal tahun ini, performa emiten telekomunikasi sempat diunggulkan karena daya beli membaik seiring dengan dibukanya aktivitas ekonomi. Meskipun arena tatap muka sudah kembali namun transaksi melalui digital akan tetap diminati masyarakat. 

Ketika orang mulai nyaman dan terbiasa dengan transaksi digital maka pembelian data melalui provider telekomunikasi meningkat. Hal ini pula yang menyebabkan penjualan emiten provider telekomunikasi semakin meningkat pada kuartal I 2022.

Data dari empat provider telekomunikasi mencatat bahwa pendapatan mengalami kenaikan pesat. TLKM, CENT, ISAT, EXCL dan FREN membukukan pertumbuhan penjualan.

Pendapatan TLKM mencapai Rp35 triliun pada kuartal I 2022. CENT capai Rp 568 miliar. ISAT raih Rp10,8 triliun. EXCL memperoleh Rp 6,7 triliun.  FREN  mencetak pendapatan Rp2,6 triliun.

pertumbuhan pendapatan:

Namun tak semua emiten provider telekomunikasi bisa mencetak pertumbuhan laba bersih pada kuartal I 2022. Meskipun masih mencetak laba bersih, pertumbuhannya tak signifikant ketimbang pada kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Laba bersih TLKM mencapai Rp7,8 triliun. CENT merugi Rp516 miliar. Laba bersih ISAT mencapai Rp 164 miliar. EXCL mencapai Rp 139 miliar. FREN mencapai Rp24 miliar.

Pertumbuhan laba bersih:

 

Potensi Smartfren

Smartfren menjadi saham lagging alias terlambat dibandingkan saham provider telekomunikasi lainnya dalam setahun jika melihat pertumbuhan laba bersihnya. 

Pergerakan saham disini.

Aksi korporasi FREN dengan Private Placement dengan harga pelaksanaan Rp 100 per lembar saham juga memberikan suntikan baru kepada emiten.

Apalagi smartfren juga akan membangun data centre dengan salah satu perusahaan asal Uni Emirat Arab (UEA).

Smartfren juga mendapatkan ruang kolaborasi untuk menerapkan strategi beyond digital dengan Alibaba dan dibelinya saham Dompet Digital, Dana oleh induk usaha yakni PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA).

Masuknya Dana di induk usaha memberikan opsi kolaborasi yang lebih baik karena biaya bakar-2 uang ditanggung DSSA, bukan FREN. Sementara FREN yang mendapatkan benefit kolaborasi penjualan produk voucher digital dll.

Penjualan produk FREN di DANA bisa menjangkau konsumen lebih luas lagi karena DANA termasuk dompet digital dengan unduhan terbanyak dengan mencapai 50 juta pengunduh di Google Play.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *